Kesehatan

10 Manfaat Mengonsumsi Alpukat saat Kehamilan

Netsulsel.com – Dalam menjalani masa kehamilan, seorang ibu cenderung akan memilih makanan terbaik untuk sang buah hati. Di antara pilihan sayuran dan buah yang beraneka rupa, alpukat dapat dijadikan pilihan utama selama masa kehamilan.

Buah alpukat, selain rasanya yang lezat juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kehamilan. Buah yang berasal dari Mesiko ini ternyata sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Bahkan, kandungan gizi dalam buah alpukat miliki banyak manfaat bagi ibu hamil.

Berikut adalah manfaat dari alpukat yang dilansir dari momjunction adalah

1. Asupan Kalsium

Selama masa kehamilan kebutuhan tubuh naik berlipat ganda, termasuk kalsium. Di sinilah peran alpukat yang kaya kalsium untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Manfaat kalsium bagi ibu hamil sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi.

2. Mengandung Vitamin C

Vitamin C pada ibu hamil untuk mempercepat penyerapan zat besi (Fe) dalam tubuh. Hal ini disebabkan ibu hamil sering kali mengalami anemia. Mengkonsumsi vitamin C kimiawi dikhawatirkan dapat mengalami kelebihan. Hal ini justru kurang baik karena bisa menyebabkan keguguran, sebab vitamin C menyebabkan tekanan lebih besar pada progesteron.

3. Mencegah Anemia

Seorang ibu hamil sering kekurangan zat besi (Fe) sehingga terjadi anemia. Alpukat sendiri kaya akan manfaat zat besi untuk ibu hamil sehingga memakan beberapa potong alpukat cukup dalam memenuhi kebutuhan ini.

4. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Selama masa kehamilan, Anda sering mengalami kontraksi. Alpukat memliki banyak serat karena tubuh memerlukan serat untuk mencerna makanan dengan baik. Selain itu, alpukat sendiri dapat meningkatkan pergerakan usus lebih baik.

5. Meningkatkan Penyerapan Asupan Nutrisi

Selain memberikan banyak nutrisi, manfaat alpukat untuk ibu hamil akan membantu dalam penyerapan nutrisi. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah alpukat dapat meningkatkan penyerapan karotenoind dalam tubuh.

6. Menurunkan Kolestrol dan Gula Darah

Alpukat yang dikonsumsi dapat menurunkan kolestrol dalam darah dan juga mampu menurunkan gula dalam darah. Kolestrol tinggi dapat memicu sakit jantung, sehingga alpukat dapat mencegahnya.

7. Mencegah Bayi dari Gangguan Tulang

Asam folat yang terkandung dalam alpukat penting dalam pengembangan organ tubuh bayi. Kekurangan asam folat menyebabkan deformitas tulang pada bayi sebelum lahir. Deformitas merupakan susunan gigi yang tidak teratur karena gangguan rahang yang sedang mengalami perkembangan.

8. Menghilangkan Kram Kaki pada Ibu Hamil

Kaki kram pada ibu hamil adalah masalah umum yang sering dialami. Memakan buah-buahan untuk ibu hamil seperti alpukat, maka seseorang ibu hamil akan mendapatkan potasium yang membantu mengurangi kram.

9. Penuh dengan Vitamin E

Vitamin E dapat menghasilkan hormon prolaktin. Bila Anda kekurangan hormon ini pada saat masa kehamilan maka akan menyebabkan pengaruh terhadap kondisi emosional dan berperan dalam metabolisme. Vitamin E akan memberikan lingkungan yang nyaman untuk bayi.

10. Mengandung Vitamin K

Hampir sama dengan fungsi vitamin E. Tak hanya itu vitamin K juga berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Selain untuk pembekuan darah, vitamin K juga berperan dalam pembentukan tulang bagi janin, sebagai gizi ibu hamil yang harus dipenuhi. (**)

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top