Kesehatan

Derita Bayi Penderita Omphalocele

Maryana Mangga Prouw (10) hari bayi yang lahir dengan Omphalocele sangat memprihatinkan.

Netsulsel.com, Mamasa – Kondisi bayi yang lahir dengan Omphalocele sangat memprihatinkan, bayi mungil bernama Maryana Mangga Prouw yang masih berusia 10 hari harus merasakan penderitaan dengan mengalami kelainan dimana usus bayi atau organ perut lainnya berada di luar tubuh karena lubang di daerah pusar. Sehingga usus yang hanya ditutupi oleh lapisan tipis jaringan dan dapat dengan mudah dilihat.

Joni Ayah dari bayi mungil ini, tak menyangka anaknya lahir dengan mengalami kelainan dengan kondisi usus terburai keluar.”Saya tidak tahu kenapa anak saya bisa lahir seperti itu,” ungkap pria asal Desa Rantepuang, Kecamatan Sesena Padang, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Minggu (26/11/2017).

Pria yang sehari-harinya bekerja serabutan ini terlihat sangat sedih dengan kondisi anaknya, ia berharap pemerintah mau mengulurkan bantuan untuk membantu penyembuhan anaknya, melihat kondisinya sangat memprihatinkan karena selaput tipis di perut bayi sudah mulai infeksi.

Melihat kondisi bayi yang kian memprihatinkan, pihak keluarga kemudian membawanya ke RSUD Kondosapata Mamasa. Namun, karena peralatan medis kurang memadai, bayi itu kemudian dirujuk ke RSUD Polman.

Namun Joni (25), terpaksa meminta dokter di RSUD Polman untuk mengeluarkan anaknya, alasannya dikarenakan dia tak mampu lagi menanggung biaya hidup saat menunggui bayi mungil itu di rumah sakit. Apalagi Joni yang sehari-hari hanya bekerja serabutan dan nenek dari bayi hanya bekerja sebagai penumbuk batu gunung.

Walaupun si bayi memiliki Kartu Indonesia Sehat ( KIS ), tapi keluarga ini bukan peserta kartu PKH atau program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa omphalocele merupakan suatu cacat lahir dimana usus bayi atau organ perut yang lainnya berada di luar tubuh karena terdapatnya lubang di daerah pusar.

Omphalocele sendiri memang dapat disebabkan oleh karena infeksi dan penyakit yang diderita ibu pada saat kehamilan, dimana salah satunya infeksi toksoplasmosis. Toksoplasmosis sendiri merupakan penyakit yang timbul akibat tubuh dimasuki parasit Toxoplasma Gondii yaitu parasit yang ditemukan pada kotoran kucing, daging mentah atau setengah matang, telur mentah, dan lain-lain.

Selain dari karena infeksi pada kehamilan, omphalocele dapat juga timbul oleh karena : penggunaan obat – obatan yang tidak atas instruksi dokter, merokok, kelainan genetik, defisiensi asam folat, hipoksia, asupan gizi yang tidak seimbang.

Maka dari itu ada baiknya bila memeriksakan kondisi kehamilan di laboratorium sebaiknya diskusikan pada Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut sehingga kehamilan Anda berikutnya dapat lancar sampai dengan hari persalinan. (**)

 

Editor Ahmad

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top