Pendidikan

Ini Dia 5 Senjata Ampuh dalam Pelaksanaan UN

Ist

Netsulsel.com – Sebagian besar siswa SMA kelas XII hari ini (9/4) menjalankan Ujian Nasional (UN). Meski saat ini, UN bukan jadi satu-satunya syarat untuk menentukan kelulusan siswa, tapi banyak dari para siswa mengaku masih deg-degan saat menghadapi UN.

Nah, biar deg-degan atau takut kamu hilang, berikut lima senjata ampuh untuk menghadapi UN. Apa saja?

1. Berlatih mengerjakan soal

Ilustrasi

Saat UN berlangsung, sudah bukan saatnya lagi kamu menghapal materi-materi pelajaran. Melainkan kamu harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal.

Percaya atau enggak, biasanya dari tahun ke tahun pola dan konsep dari soal UN itu enggak jauh berbeda, guys. Yang berbeda cuma angka dan penyusunan kalimatnya saja. Nah, dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal, kamu bakalan paham mengenai bentuk soal, cara penyelesaian, dan jawabannya. Dengan begitu, kamu bakalan semakin lancar menjawab soal-soal.

2. Persiapkan mental

Ilustrasi

Selain belajar, cara yang paling ampuh untuk menghilangkan deg-degan dan takut saat menghadapi UN adalah mempersiapkan mental dengan baik.

Yap, stres saat UN berlangsung memang enggak bisa dihindari, dan semua siswa pasti akan merasakannya. Namun, menurut Psikolog cara yang paling efektif untuk mempersiapkan UN dengan baik adalah mengelola stres tersebut.

“Ketika kamu merasa enggak mampu menghadapi tuntutan hidup (UN) tersebut, gap akan semakin besar. Nah, untuk memperkecil gap itu adalah dengan belajar dan latih ketenangan diri dengan perlahan,” ujar Liza Marielly, psikolog klinis.

3. Makan yang teratur

ilustrasi

Saat UN berlangsung, fisik dan mental kamu akan cepat kekuras. Nah, saat seperti itu kamu harus banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi agar stamina kamu makin terjaga.

Oh iya, jangan pernah menyepelekan sarapan sebelum kamu berangkat ujian, ya. Enggak mau, kan, kamu jadi enggak fokus saat ujian gara-gara kelaparan?

4. Tidur yang cukup

Ilustrasi

Saat UN berlangsung, enggak sedikit dari para siswa mengaku sering belajar dengan sistem kebut semalam. Dengan cara belajar yang seperti itu, mereka pasti mengorbankan jam tidur mereka. Tapi percayalah, kalau kamu keseringan begadang, kamu enggak akan konsen saat UN berlangsung.

5. Berdoa

Ilustrasi berdoa

Kalau kamu yakin semua ‘senjata’ saat UN sudah dipersiapkan dengan baik. Kamu hanya tinggal menyerahkan semua hasilnya kepada yang Tuhan YME. Kalau kata orang bijak, doa yang paling mujarab adalah doa dari kedua orang tua dan orang terdekat kamu. Selain memperbanyak doa, kamu juga harus minta doa restu kepada mereka ya. SELAMAT mencoba ya adik-adik.!!

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top