Ekobis

BRI Akan Buka Kantor Cabang di Taiwan

Netsulsel.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berencana membuka kantor cabang di beberapa negara yang memiliki volume perdagangan cukup besar dengan Indonesia dan jumlah pekerja migran atau TKI yang banyak.

Salah satu negara yang kini tengah dijajaki untuk membuka kantor cabang yaitu di Taipei, Taiwan. Transaksi perdagangan yang selalu surplus dan TKI yang jumlahnya cukup banyak membuat bank milik BUMN tersebut ingin membuka kantor di Taiwan.

“Dalam waktu dekat akan saya proses, tak hanya kantor perwakilan tapi kantor cabang karena di sini potensinya sangat besar. Bukan hanya TKI, potensi bisnis lain juga besar,” kata Direktur Utama BRI Suprajarto seperti dikutip kumparan, di Taiwan, kemarin, Senin (30/10).

Berdasarkan data Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taiwan, neraca perdagangan Indonesia selalu surplus di atas 1 miliar dolar AS. Pada periode Januari-Agustus, total perdagangan Taiwan dengan Indonesia mencapai sekitar 5,29 miliar dolar AS, dengan total ekspor Indonesia ke Taiwan 3,18 miliar dolar AS.

Dibandingkan dengan total perdagangan pada periode yang sama tahun tahun (4,61 miliar dolar AS), perdagangan Indonesia-Taiwan mengalami peningkatan sebesar 14,72%.

Dengan kinerja perdagangan tersebut, Suprajarto menilai, perlu pengembangan layanan perbankan untuk memudahkan proses bisnis antara pengusaha Indonesia dan Taiwan.

“Jadi kalau kita lihat transaksi perdagangan Indonesia-Taiwan itu cukup bagus, perlu perbankan Indonesia. Ini akan kita kembangkan,” ujarnya.

Suprajarto mengaku sudah pernah menjajaki dengan otoritas di Taiwan terkait rencana membuka kantor cabang. Menurut dia, Taiwan merespons positif rencana tersebut. Namun, dia mengakui perlu proses lebih jauh karena terkait status politik Taiwan.

“Secara bilateral kita tidak punya kedutaan besar (di Taiwan). Jadi harus bicara dulu dengan OJK dan Bank Indonesia,” katanya. (**)

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top