Sejarah

Cokelat Primadona Bagi Raja Mexico Kuno

Netsulsel.com- Meksiko merupakan salah satu negara penghasil cokelat terbaik di dunia. Cokelat menjadi primadona dan sangat digemari oleh raja – raja Meksiko jaman dulu. Konon katanya cokelat merupakan makanan para dewa.

Kita tentu menyukai makanan berbahan dasar cokelat. Banyak olahannya seperti susu, puding, selai dan lainnya. Cokelat juga menjadi simbol cinta dan kasih sayang.  Menurut peneliti, cokelat mengandung zat alkanoid yang dapat memunculkan rasa senang.

Asal usul cokelat pertama kalinya ditemukan hampir 4000 tahun yang lalu di Mesoamerika. Terlihat dari bukti-bukti arkeologi yang ditemukan di sepanjang sungai Orinoco. Minuman kakao (cokelat) ternyata sudah ada sejak peradaban Mokaya dan Olmec.

Suku Maya mengadopsi kata “kakao” dari suku Olmec, mereka membudidayakannya di halaman rumah. Untuk menikmatinya biji kakao dihaluskan dan dicampur dengan air, cabai, tepung jagung, dan bahan lainnya.

Hasilnya berupa pasta yang dibuat minuman coklat pedas berbusa. Mereka menyebutnya “xocalatl” yang berarti hangat atau cairan pahit.

Pada abad ke 6, cokelat sempat menjadi simbol status masyarakat Meksiko. Pada waktu itu biji cokelat digunakan sebagai alat pembayaran. Contohnya sekeranjang berisi 8000 biji kakao menggambarkan angka 8000. Cokelat juga menjadi bahan untuk persembahan untuk para dewa.

Daerah Tobasco merupakan salah satu kawasan yang sering di kunjungi oleh para wisatawan. Daerah tersebut merupakan surga bagi para penggemar cokelat.

Selain dapat menikmati olahan cokelat kita juga bisa berjalan – jalan menjelajahi perkebunan kakao yang luas. Nah, untuk menuju ke sana Anda dapat menggunakan taksi dari bandara utama terdekat Lic.

 

Tendry/int

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top