Net Food

Coto Makassar Warisan Kuliner Kerajaan Gowa

Netsulsel.com –  Coto Makassar merupakan menu berbahan dasar daging sapi dengan kuah yang gurih dan kaya rempah. Kuliner yang satu ini masuk kategori makanan khas Makassar paling terkenal, enak dan nomor satu.

Kalau di Jawa ada makanan namanya soto, meskipun hampir sama suku katanya namun dari bentuk dan rasanya, coto Makassar memiliki cita rasa unik yang khas dan pasti enak. Coto Makassar adalah makanan tradisional Makassar yang terkenal, buktinya di kota-kota besar dan kota kecil di Indonesia tersedia warung coto Makassar.

Mungkin sebagian orang belum tahu asal muasal kuliner kebanggaan masyarakat Makassar ini, seperti dilansir dari tourism-makassar.com, coto Makassar, memiliki sejarah yang dimulai pada masa kerajaan Gowa dahulu. Coto Makassar pertama kali dihidangkan pada jamuan kerajaan Goa tahun 1538.

Pada masa itu, tidak sembarang orang dapat membuat Coto Makassar. Pasalnya pembuatan masakan itu membutuhkan rempah berkualitas dimana hal tersebut hanya bisa didapatkan oleh kaum kerajaan. Rempah yang digunakan di makanan ini bervariasi mulai dari kemiri, cengkeh, kayu manis, dan lain sebagainya. Masakan ini juga ternyata mengandung elemen khas Tiongkok, yakni tao-co.

Coto Makassar aslinya dibuat dalam kuali dari tanah. Masyarakat Makassar biasa menyebut alat masak itu dengan istilah `Korong Butta` atau `Uring Butta`. Coto Makassar biasa disajikan dengan nasi. Namun Anda bisa bereksperimen dengan menyantap menu ini dengan padanan ketupat atau lontong.

Makin penasaran dengan berbagai kuliner khas Makassar. Hampir semua makanan daerah Makassar Sulawesi Selatan ini menggunakan campuran rempah rempah asli Indonesia dan rasanya juga maknyus alias enak. Meskipun ada yang menjual di kota kota lain, tapi tetap saja oleh oleh khas Makassar harus selalu dibawa kalau berkunjung ke Makassar. (**)

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top