Keuangan

Hari Ini Rupiah Menyentuh Rp 13.800 per Dollar AS

ilustrasi

Netsulsel.com – Dolar Amerika Serikat (AS) semakin perkasa terhadap rupiah. Kemarin, dolar AS menembus level terbarunya di posisi Rp 13.700 dan hari ini mata uang Paman Sam tersebut kembali meroket hingga menembus level teratas di Rp 13.800.

Mengutip data perdagangan Reuters, Kamis 1 Maret 2018, dolar AS dibuka di Rp 13.740. Dolar AS terus bergerak liar dan mencapai posisi tertingginya pagi ini di Rp 13.800. Hingga pukul 9.41 WIB, dolar AS bertengger di level Rp 13.797.
Binaartha Sekuritas dalam risetnya menyebutkan, pergerakan USD yang kembali menguat seiring sikap pelaku pasar terhadap testimoni The Fed di hadapan Kongres membuat laju rupiah kembali melanjutkan pelemahannya.

Di hadapan kongres, The Fed menyampaikan optimismenya terhadap pemulihan ekonomi AS sehingga perlu dilakukan langkah antisipasi dari sisi moneter untuk mencegah overheating ekonomi, yaitu melalui penyesuaian tingkat suku bunga.

Di sisi lain, antisipasi terhadap rilis inflasi membuat pelaku pasar menahan diri terhadap rupiah dan cenderung memilih USD.

Pergerakan rupiah diperkirakan berpeluang kembali melanjutkan pelemahannya seiring masih meningkatnya permintaan akan USD dalam menanggapi testimoni The Fed.

Sementara itu, sentimen dari dalam negeri yang masih minim, terutama jelang rilis inflasi membuat ketahanan rupiah kian rentan. Tetap cermati dan waspada masih adanya pelemahan lanjutan. Rupiah diestimasikan akan bergerak pada kisaran support Rp 13.765 dan resisten Rp 13.720. (**)

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top