Kesehatan

Ini Dia 6 Bahaya Gigi Palsu Lepasan dan Permanen Bagi Kesehatan Mulut

ilustrasi gigi palsu

Netsulsel.com – Bahaya gigi palsu berdampak pada jangka panjang. Gigi merupakan salah satu komponen penting dalam membantu proses pencernaan yang menjadi awal dari proses pencernaan tersebut. Untuk itu sangat diperlukan perhatian khusus dalam merawat dan juga menjaganya agar tetap sehat dan kuat.

Gigi palsu seringkali digunakan untuk salah satu alternatif bagi mereka-mereka yang kehilangan giginya akibat kecelakaan, makan-makanan yang terlalu keras, pertumbuhan gigi yang kurang baik, banyaknya lubang yang mengharuskan untuk dicabut, sampai usia yang sudah tidak muda lagi.

Gigi palsu memang akan membuat gigi anda menjadi lengkap kembali, namun jika tidak dirawat dengan baik, justru akan membahayakan bagi kesehatan anda sendiri. Namun anda juga wajib waspada terhadap gigi palsu, karena bahan yang digunakan untuk pembuatan gigi palsu tersebut belum tau asal-usulnya. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai bahaya gigi palsu, yuk kita simak bersama-sama!

Berikut ini beberapa kemungkinan yang bisa terjadi akibat pemasangan gigi palsu yang kurang tepat, penjelasannya sebagai berikut :

1. Tidak Nyaman

Gigi palsu seringkali membuat penggunanya menjadi kurang nyaman dan merasa was-was khusunya pada saat makan. Hal ini mungkin terjadi karena pemasangan gigi palsu dilakukan secara sembarangan. Kebanyakan orang melakukan pemasangan gigi palsu kepada orang yang memang belum ahli dibidang tersebut, dengan alasan utama karena dianggap jauh lebih murah dibandingkan harus datang ke dokter gigi. Saran saya, untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya percayakan pada orang yang sudah ahli di bidangnya yakni dokter gigi. Selain itu anda juga tidak was-was terhadap efek samping yang nantinya akan terjadi.

Kemudian untuk proses perawatannya pun akan dijelaskan dengan baik saat pemasangan gigi palsu tersebut. Anda tidak perlu khawatir lagi, konsultasipun bisa anda lakukan dengan mudah dengan dokter gigi dan pastinya setiap tindakan yang dilakukan bisa dipertanggung jawabkan, karena prakteknya sudah bersertifikasi standar nasional.

2. Menimbulkan Infeksi Jika Pemasangan Tidak Tepat

Dalam proses pemasangan gigi palsu hendaknya tidak dianjurkan melakukan pemasangan secara sembarangan. Dikhawatirkan jika pemasangannya dilakukan secara sembarangan, akan menimbulkan efek samping yang nantinya akan merugikan diri anda sendiri. Banyak yang mengalami infeksi karena melakukan pemasangan secara sembarangan. Pemasangan yang asal-asalan tanpa adanya prosedur yang jelas tentunya akan melukai bagian gusi anda. Nah disitulah dokter gigi berperan jika terjadi masalah, selanjutnya anda bisa melakukan konsultasi dan perawatan secara berkala untuk menjaga kesehatan mulut anda.

3. Nyeri Yang Menyiksa

Bahaya gigi palsu kali ini juga sering dirasakan. Gigi palsu juga banyak ditemukan mengakibatkan rasa nyeri pada pemakainya. Apalagi kalau pemasangannya kurang pas dan dibiarkan sampai jangka waktu yang lama, justru akan melukai bagian gusi anda. Gerakan-gerakan yang terjadi akibat pencernaan di dalam mulut akan menyebabkan pergeseran-pergeseran pada gigi palsu sehingga dalam jangka waktu tertentu akan menimbulkan rasa nyeri, jadi pola makan juga harus dijaga. Selain itu bisa disebabkan oleh kondisi gigi palsu yang tidak steril, selanjutnya akan sangat beresiko terdapatnya kuman dan juga banyak bakteri yang nantinya akan bersarang pada gigi serta gusi sehingga rasa nyeri anda dapatkan.

4. Mudah Terlepas

Nah poin yang satu ini juga patut anda waspadai. Kebanyakan gigi palsu sering ditemukan mudah terlepas karena ukurannya kurang pas sehingga mudah terjadi gerakan saat digunakan pada saat proses pencernaan makanan berlangsung. Hal tersebut yang nantinya akan menjadi penyebab utama gigi palsu mudah terlepas. Bisa juga karena anda tidak menjaga pola makan. Contohnya sering makan makanan yang mempunyai tekstur keras seperti makan daging, mengunyah es batu, dan lain sebagai. Banyaknya makanan keras yang anda makan akan membuat gigi anda menjadi bekerja dengan keras.

Untuk itu jika anda banyak melakukan pemasangan gigi palsu hendaknya mengurangi makan makanan yang terlalu keras, karena tindakan tersebut juga bisa mengakibatkan gigi palsu goyang dan pada akhirnya akan terlepas dari gusi. Ada kasus lain seperti halnya pada saat melakukan proses penggosokan gigi, jika melakukannya dengan asal-asalan dan kasar tanpa memperhatikan kondisi gigi palsu yang anda pasang, bisa saja lama kelamaan goyang, kemudian tak lama lagi akan lepas.

5. Gigi Palsu Bisa Tertelan Jika Tidak Hati-Hati

Bisa jadi gigi palsu anda yang tidak terpasang dengan baik kemudian lepas, nantinya secara tidak sengaja akan tertelan dan membahayakan kondisi kesehatan anda. Sebaiknya dalam memakan sesuatu, disarankan untuk lebih hati-hati agar tidak mudah terlepas. Hindari memakan makanan yang terlalu keras agar gigi palsu tidak bekerja dengan keras sehingga menimbulkan gigi palsu menjadi goyang, kemudian lama kelamaan akan terlepas. Makanan ini seperti halnya daging yang perlu dicerna dengan baik pada saat masih di dalam mulut.

Selanjutnya hindari pemasangan gigi secara sembarangan. Pasanglah di dokter gigi yang memang sudah terpercaya dan berpengalaman di bidang pemasangan gigi palsu. Jangan sampai anda memutuskan untuk memasang gigi palsu ke tempat yang belum jelas, karena hanya mengejar penawaran harga yang murah. (**)

 

Sumber : HaloGigi

 

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top