Kuliner

Kamu Hobi Makan Kimchi? Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan

Netsulsel.com – Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kimchi, makanan asal Korea. Mulai dari pencernaan sehat sampai mencegah diabetes bisa kamu temukan dalam manfaat kimchi. Benarkah makanan ini memiliki manfaat yang begitu besar? Yuk cari tahu!

Kimchi merupakan makanan tradisional Korea yang dihasilkan dari fermentasi beragam jenis sayur. Kimchi kubis merupakan jenis yang paling populer dengan tambahan daun bawang dan lobak. Selain sayuran, makanan ini juga mengandung banyak rempah.

Memperkaya Asupan Nutrisimu

Sayuran dalam kimchi mengandung berbagai zat gizi yang baik untuk meningkatkan kesehatanmu. Saat mengonsumsi makanan berasa pedas dan asam ini kamu akan memperoleh serat, mineral, asam amino, vitamin, karotenoid, dan polifenol.

Proses fermentasi juga akan meningkatkan nilai gizi makanan ini seperti meningkatkan vitamin C, beta karoten, vitamin B kompleks, dan berbagai mineral.
Kimchi dibuat dengan bahan rempah seperti cabai, bawang putih, jahe, dan masih banyak lainnya yang bukan hanya memperkaya rasa namun juga asupanmu. Bawang putih diketahui memiliki sifat antiperadangan, sedangkan jahe memiliki sifat antioksidan.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Sebagai hasil dari fermentasi, kimchi memiliki sifat probiotik. Kimchi mengandung banyak bakteri asam laktat, salah satunya Lactobacillus kimchii. Bakteri asam laktat baik untuk kesehatan pencernaan.
Bakteri yang terdapat dalam fermentasi akan memecah komponen makanan, misalnya glukosa, menjadi lebih mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Makanan Anti Obesitas

Kimchi tak hanya baik untuk pencernaan, kamu yang menginginkan berat badan ideal bisa tetap tenang saat mengonsumsi kimchi. Makanan ini kaya serat dan rendah lemak sehingga sangat cocok dimasukkan dalam menu dietmu.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kimchi dapat menurunkan berat badan, IMT (Indeks Massa Tubuh), hingga lingkar pinggang.

Dipercaya dapat Mencegah Diabetes

Siapa sangka makanan yang agak pedas dan berwarna merah ini memiliki manfaat untuk mencegah penyakit berbahaya. Kimchi dipercaya dapat menurunkan peluangmu mengalami diabetes.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi kimchi dapat menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin. Kimchi juga dianggap dapat menurunkan kemungkinan mengalami obesitas sebagai faktor risiko terjadinya diabetes.

Sekarang kamu sudah tahu manfaat kimchi untuk tubuhmu, kan? Namun, meski kimchi memiliki manfaat yang bervariasi bagi kesehatan, kamu perlu berhati-hati pada kandungan sodium di dalamnya. Ingat, konsumsi sodium berlebihan dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Jadi, tetap konsumsi secukupnya agar manfaat kimchi tidak meleset ya!

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top