Ekobis

Ketua Akumindo: Gubernur BI Harus Familiar di Kancah Regional Maupun Internasional

Netsulsel.com, Jakarta – Masa jabatan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo akan segera berakhir pada pertengahan tahun ini.

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi empat nama yang akan menjadi calon gubernur baru bank sentral menggantikan Agus Martowardojo. Rencananya, empat nama calon Gubernur BI akan diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) pada akhir Februari 2018.

Banyak kriteria yang diharapkan dapat dimiliki oleh Gubernur BI nantinya. Mengingat Indonesia akan menghadapi tahun politik, sehingga tugas Gubernur BI untuk menjaga stabilitas ekonomi di tengah pesta demokrasi, makin berat.

Ketua Asosiasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia (Akumindo), M Ikhsan Ingratubun mengatakan bahwa sosok Gubernur BI hendaknya cukup familiar di kancah regional maupun internasional. Dengan demikian, pemahaman yang dimiliki dari sisi mikro dan makro ekonomi makin komprehensif.

“Gubernur BI harus yg punya Pengaruh dari sisi Global dan Regional Asia,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Minggu 18 Februari 2018).

Di samping itu, Gubernur BI hendaknya adalah orang yang memiliki dasar treasury. Pasalnya, menurut Ikhsan, jika dibandingkan dengan seorang berlatarbelakang finance, orang dengan kemampuan dasar treasury lebih unggul dalam menciptakan dan memanfaatkan peluang, termasuk dalam hal investasi dari luar negeri.

Dengan demikian, gubernur baru diharapkan lebih tajam dalam melihat dan mengeksekusi investasi asing untuk menggerakkan roda perekonomian Indonesia, terutama bagi sektor UMKM.

“Orang finance cenderung nggak bisa intervensi, sementara orang dengan dasar treasury mampu mengintervensi agar Rupiah nggak terpuruk,” jelas dia.

Tidak lupa, Ikhsan juga berharap Gubernur BI yang baru mampu menciptakan peluang bagi UMKM, salah satunya adalah dengan memberikan kemudahan kredit bagi pelaku UMKM. (**)

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top