Sejarah

Makna Dibalik Ribuan Kelelawar yang Menjaga Kota Soppeng

SOPPENG, Netsulel.com – Bagi masyarakat Soppeng melihat ribuan kelelawar bergelantungan diatas pohon sudah menjadi pemandangan yang biasa, ribuan hewan yang sering disebut juga sebagai kalong ini, bisa dijumpai dengan mudah dibeberapa pepohonan dikawasan Kota Soppeng.

Keberadaan kelelawar yang bergelantungan sejak, pagi hingga siang bagi masyarakat Soppeng ternyata memiliki makna tersendiri sebagai sesuatu yang sakral dan mengandung nilai mistis.

Dari cerita nenek moyang dan orang orang tua terdahulu, kabarnya ribuan kelelawar ini dianggap bisa memberikan kabar baik maupun kabar buruk bagi masyarakat. Jika kelelawar, tersebut pergi lalu tak kembali lagi, maka menurut mereka itu adalah pertanda akan ada bencana yang bakal menimpa Kota Soppeng.

Sebaliknya jika ribuan kelelawar tersebut terus berada di tempatnya, hal itu dianggap sebagai kabar baik karena kota ini bakal terus terjaga dari segala marabahaya.

Daeng Mono salah satu masyarakat Soppeng  yang di temui menceritakan bahwa Keyakinan itu didasarkan pada kisah masa lampau,katanya dulu ribuan kelelawar ini sempat meninggalkan Kota Soppeng dalam waktu yang cukup lama hingga mendatangkan tanda tanya bagi warga Soppeng. Padahal,biasanya ribuan kelelawar itu sudah kembali sebelum fajar menyingsing Dan ternyata Tak lama kemudian,tiba-tiba terjadi bencana besar berupa kebakaran yang menimpa Kota Soppeng.

“jadi dua hari saja,tidak ada kau lihat itu kelelawar bertengger di pohon pohon nya,siap siap memang,karna mungkin nanti ada bencana itu” ucapnya.

namun terlepas benar atau tidaknya,masyarakat soppeng tentunya tetap harus menjaga dan melestarikan hewan ikonik kota ini, salah satu caranya yaitu dengan menjaga lingkungan yang menjadi habitat hewan tersebut.jangan menebang pohon secara sembarang mungkin adalah langkah paling mudah yang bisa dilakukan.

 

Idham

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top