Budaya

Meriahkan Kirab Budaya, Ratusan Peserta Luwu Utara Berpakaian Adat

Netsulsel.com, Luwu Utara -Rombongan peserta Kirab Budaya asal Luwu Utara kini tengah bergerak menuju lokasi pelaksanaan Kirab Budaya di Lapangan Pancasila Kota Palopo tepat pukul 11.00 wita. Rombongan yang dipimpin langsung Staf Ahli Bupati Jumail Mappile start dari Rumah Makole Baebunta dengan kekuatan peserta kirab sebanyak 100-an, yang terdiri dari Pejabat  di SKPD dan para Camat se-Luwu Utara.

“Kita semua berjumlah 100-an. Makole Baebunta hadir sekaligus memimpin rombongan dari perangkat adat yang ada di Luwu Utara. Saya sendiri memimpin rombongan dari pemerintah daerah,” ujar Jumail, Kamis (18/1), di Masamba. Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, SDM dan Kemasyarakatan ini mengatakan, seluruh rombongan berpakaian adat khas Luwu plus Rongkong dan Riampi.

“Kita semua berpakaian adat dengan menampilkan ciri khas Luwu. Selain itu, ada juga yang berpakaian adat khas Rongkong dan Rampi. Seluruh perangkat adat di Luwu Utara hadir, termasuk Tomakaka Rongkong juga turut serta dalam rombongan kami,” ungkap Jumail.

Kirab Budaya dilakukan dengan melibatkan seluruh daerah di Tana Luwu dalam rangka menyambut perhelatan akbar Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-13 yang bakal dipusatkan di Kota Palopo. Kirab ini juga untuk memeriahkan acara Tudang Ade atau Matemmu Taung. Kirab diawali dengan berjalan kaki sejauh 2 km dengan mengambil start di Lapangan Pancasila dan finish di Istana LangkanaE . (**)

 

Lukman Hamarong

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top