Ekobis

Penjualan Mobil Listrik Diprediksi Tembus 1 Juta Unit

Netsulsel.com – Mobil listrik pelan-pelan menunjukkan sebagai potensi di masa depan. Penjualannya pun mulai menjanjikan dan diprediksi dia akan menembus angka 1 juta unit untuk pertama kalinya di dunia pada tahun ini.

Menurut laporan Bloomberg New Energy Finance (BNEF), penjualan mobil listrik dan plug-in hybrid menembus 287.000 unit sepanjang kuartal ketiga tahun 2017. Naik 63 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, atau tumbuh 23 persen dari kuartal kedua tahun ini.

Lebih lanjut, sebagaimana dikutip dari Autonews.com, Rabu (22/11), lebih dari separuh penjualan mobil listrik terbesar dunia saat ini ada di China. Sementara Eropa berada di pasar kedua diikuti, Amerika Utara di posisi ketiga.

“Pemerintah China saya fokus untuk mendorong penjualan kendaraan listrik,” kata analis dari BNEF Aleksandra O’Donovan.

“Alasan (penggunaan kendaraan listrik) adalah tingkat polusi dan membangun pasar lokal untuk berkompetisi di pasar global.”

China, lanjut O’Donovan mendorong penggunaan kendaraan listrik dengan pemberian subsidi. Sehingga harga mobil listrik di sana bisa lebih murah hingga 40 persen dibandingkan mobil konvensional.

Menurut prediksi BNEF pasar mobil listrik dan plug-in hybrid akan mencatatkan sejarah dengan menembus 1 juta unit tahun ini.
Capaian 1 juta unit pasar mobil listrik dunia akan memberikan dampak positif. Pembangunan infrastruktur akan lebih cepat dan memacu manufaktur untuk menciptakan model dengan jarak tempuh yang lebih panjang.

Di samping itu, sejumlah negara juga makin memperketat standar emisi mereka. Prancis dan Inggris akan melarang penjualan mobil dengan mesin bensin serta Diesel pada 2040. Sementara Belanda menargetkan seluruh mobil yang dijual pada tahun 2030 harus bebas emisi.

Sementara di Indonesia, pemerintah sejauh ini masih menggondok aturan main. Pemerintah sendiri mematok target bahwa 20 persen dari total mobil yang diproduksi harus berbasis listrik di tahun 2025.

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top