Nasional

Presiden Joko Widodo Resmi Melantik Irjen Pol Heru Winarko sebagai Kepala BNN

Suasana pelantikan Irjen Heru Winarko oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Kamis (1/3/2018).(Fabian Januarius Kuwado/Kompas)

Netsulsel.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo hari ini resmi melantik Irjen Pol Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Pol Budi Waseso. Budi Waseso hampir tiga tahun menjabat sebagai Kepala BNN sejak 8 September 2015.

Hari ini Kamis 1 Maret 2018, Heru Winarko dilantik Jokowi di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Pelantikan mantan Deputi Penindakan KPK ini dilakukan sekitar pukul 09.04 WIB.

Awalnya surat keputusan presiden dibacakan terlebih dahulu. Surat Keputusan Presiden Nomor 14N Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BNN menjadi dasar Heru Winarko dilantik Jokowi. Selanjutnya Jokowi mengambil sumpah jabatan Heru Winarko.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya, akan setia dan taat kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-selurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Heru sambil menirukan Jokowi di lokasi, Kamis (1/3).

“Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kekuatan dalam menjalankan amanah,” lanjut Heru saat membacakan sumpah.
Usai pembacaan sumpah jabatan, kemudian dilakukan penandatanganan berita acara oleh Jokowi dan Heru Winarko. Setelah itu, dengan diirngi lagu Bagimu Negeri, Jokowi dan para tamu undangan yang hadir memberikan ucapan selamat kepada Heru Winarko.

Terlihat hadir dalam pelantikan Kepala BNN yang baru yaitu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, KSAU Marsdya Yuyu Sutisna, KSAL Laksamana TNI Ade Supandi.

Selain itu, hadir pula Menteri BUMN Rini Soemarno, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Jaksa Agung HM Prasetyo, Menhub Budi Karya Sumadi, MenpanRB Asman Abnur, Mendes PDT Eko Putra Sanjojo, Ketua DPR Bambang Soesatyo, dan Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Selain pernah menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK, Heru yang lahir di Jakarta 1 Desember 1962 itu merupakan Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menkopolhukam. Di tahun 2012, Heru juga pernah menjabat sebagai Kapolda Lampung.

Heru dikenal sebagai sosok yang banyak menorehkan prestasi di bidang penindakan kejahatan ekonomi, bahkan sejak dia bertugas di Direktorat Ekonomi Khusus Mabes Polri pada 2009. Wawasannya terkait politik makro nasional juga dinilai mumpuni. (**)

 

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top