Ekobis

PT Pertamina Bangun Kilang Minyak Gandeng Konsorsium Oman-Jepang

Kilang minyak Cilacap/Foto int

Netsulsel.com- Perusahaan minyak asal Oman, Overseas Oil and Gas LLC (OOG) bersama trading Cosmo Energy Group yang merupakan perusahaan minyak asal Jepang, dipastikan akan menjadi partner PT Pertamina Persero dalam membangun kilang minyak Bontang.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina, Ardhy N Mokobombang, mengatakan penetapan konsorsium dengan Oman merupakan hasil konsorsium GRR dari 8 perusahaan yang terpilih sejak akhir 2017. Kolaborasi ini ditargetkan bisa merampungkan kilang tersebut.

“Setelah kita kolaborasi, ini akan terbangun kilang dengan produksi minyak 300 ribu barel per harinya,” kata Ardhy di Gedung Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa 30 Januari 2018.

Ardhy menuturkan, konsorsium dipilih karena beberapa pertimbangan, di antaranya dukungan penuh dari pemerintah Oman untuk pendanaan proyek, penyediaan pasokan minyak mentah. “Sementara untuk marketingnya akan didukung trading Cosmo Energy Group dari Jepang,” ucapnya.

Proyek ini diperkirakan memakan dana USD 10 miliar atau sekitar Rp 130 triliun. Targetnya, Pertamina menjanjikan pada 2025 kilang sudah bisa beroperasi penuh.
Sementara itu, Direktur Perencanana Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina, Gigih Prakoso, mengatakan pada prinsipnya tidak ada batas waktu dalam kerja sama tersebut. Namun, kemungkinan skema kerja sama akan dilakukan selama 30 tahun dan perpanjangan 20 tahun.

“Joint venture ini bisa 30 tahun plus 20 tahun perpanjangan. Tapi masih proses,” katanya.

Tahapan selanjutnya, Pertamina dan mitra terpilih akan menandatangani Frame Work Agreement yang dilanjutkan dengan Feasibility Study (FS) yang akan diselesaikan pada pertengahan 2019. Lalu penyusunan Front End Engineering Design (FEED) hingga akhir 2020. (**)

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top