Film

Rano Karno Garap ‘Si Doel Movie’ Ini Bocoran Ceritanya

Foto-foto Istimewa

Aduh, sialan!
Nih Si Doel anak Betawi asli
Kerjaannya sembahyang mengaji
Tapi jangan bikin di’e… sakit hati

Netsulsel.com – Siapa anak ’90-an yang enggak familiar sama soundtrack sinetron ‘Si Doel Anak Sekoalahan’ di atas? Ya, sinetron itu memang sempat booming dan menjadi tontonan nomor satu di tahun 1990-an.

Bercerita tentang kehidupan sederhana si Kasdullah alias Si Doel (Rano Karno) yang merupakan pria keturunan Betawi asli, yang harus menghadapi gejolak antara tradisi kebudayaan Betawi dari ayahnya (Benyamin S) dan kehidupan modern yang sedang ia jalani.

Dalam sinetron ini, tokoh Doel juga ingin mematahkan stereotype tentang masyarakat Betawi yang selalu dianggap pemalas dan tak bisa bersekolah hingga jenjang yang lebih tinggi.

Setelah kurang lebih 15 tahun vakum, akhirnya Rano Karno kembali membawa sebuah kabar bahagia bagi seluruh penggemar sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’. Dalam waktu dekat, ia akan segera memproduksi cerita hidup Si Doel ke layar lebar, dengan judul ‘Si Doel the Movie’.

“Insya Allah, Si Doel akan saya lanjutkan dengan kerja sama dengan Falcon Pictures. Insya Allah akhir November, kami akan ke Belanda untuk hunting lokasi,” ungkap Rano seperti dikutip kumparan.com, saat dijumpai di kediamannya, di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (29/10/2017).

Sebagian besar film Si Doel ini akan digarap di negeri kincir angin, Belanda. Hal ini dikarenakan dalam film tersebut, Rano ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masih menggantung dalam sinetrom terakhirnya.

Salah satunya adalah saat tokoh Sarah (Cornia Agatha) yang memilih untuk meninggalkan Doel dan bertolak ke Belanda.

“Dulu waktu Sarah tinggalin Doel, itu dia pergi ke Belanda. Sebenarnya kalau mau ada kelanjutan di sinetron dulu seharusnya Doel nyusul ke sana. Tapi tahu sendiri waktu itu Doel belum punya uang ke Belanda. Ini lah akhirnya saya jawab di film ini,” jelas mantan gubernur Banten tersebut.

Hingga saat ini, Rano dan pemain serta kru yang lain masih berada di tahap persiapan pembuatan film. Mereka bahkan sedang mencari satu pemeran remaja pria yang nantinya akan menjadi tokoh anak Doel dan Sarah.

“Kalau pemain masih sama yang dulu, yang baru cuma satu, saya sedang mencari anaknya Doel, laki-laki umur 14-15 tahun mukanya antara Doel dan Sarah,” kata dia.

Beberapa pemain yang akan mewarnai film ‘Si Doel the Movie’ adalah Rano Karno, Suti Karno, Mandra, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, hingga Aminah Cendrakasih.

Ya, Aminah yang berperan sebagai Nyak atau ibu kandung dari Si Doel masih akan ambil bagian dalam film ini. Walaupun saat ini, kondisi Aminah sendiri masih terbaring lemah karena penyakit glukoma yang telah ia derita selama beberapa tahun belakangan ini.

“Kemarin kita udah syuting sama Nyak yang pertama. Itu yang saya utamakan sekali, melihat kondisi Nyak yang sekarang sudah seperti ini. Saya minta tolong semua kru dan pemain untuk bantu saya. Kita mau memberi sesuatu buat Nyak. Kalau persiapan lain baru dibuat, kita baru ada lahan buat bikin rumah Doel,” ucap pria berusia 57 tahun tersebut.

Para pemain film ‘Si Doel the Movie’ tentu sudah tidak selengkap dahulu, karena beberapa aktor di dalamnya sudah meninggal dunia. Lalu bagaimana Rano menyikapi permasalahan tersebut?

“Transisi bukan hanya di movie. (Karakter) Babe tuh di trilogi kedua udah enggak ada. Di ‘ Si Doel’ ketiga udah enggak ada. Itu memang sempat ada keraguan. Waktu itu kan kita juga kehilangan Pak Tile, Basuki, tapi Alhamdulillah, kalau buat rating masih tetap tinggi waktu itu. Jadi, saya enggak punya kekhawatiran saat ini. Karena kita juga sudah melewati masa-masa itu,” jelasnya.

Rencananya, jika tak ada aral yang melintang, ‘Si Doel the Movie’ akan segera menjalani proses syuting di bulan Februari 2018 mendatang. Sekitar 70 persen syuting akan dilaksanakan di Belanda, sedangkan sisanya akan dilaksanakan di Indonesia. (**)

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top