Nasional

Sosialisasi Empat Pilar Tumbuhkan Kesadaran Berbangsa

Netsulsel.com, Jakarta – Anggota MPR RI, Iskan Qolba Lubis menyampaikan tentang fungsi dari sosialisasi empat pilar, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, agar bangsa Indonesia mampu terus menumbuhkan kesadaran sebagai bangsa.

Hal itu disampaikan Iskan saat sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Padanglawas, (2/6). Ia mengatakan bahwa kesadaran berbangsa ini penting dipelihara demi keberlangsungan negara ini.

“Jika kesadaran sebagai bangsa terus kita pupuk, maka kelanjutan kehidupan berbangsa akan aman,” katanya.

Begitu juga sebaliknya, menurutnya jika kesadaran sebagai sebuah bangsa yang terdiri atas berbagai suku, budaya, agama mulai hilang, maka perpecahan bukan sesuatu yang tidak mungkin.

Iskan pun mengungkapkan sejarah bagaikama  dua negara besar di Eropa, yakni Uni Soviet dan Yugoslavia runtuh, karena gagal memelihara kesadaran berbangsa.

“Kita bisa melihat dalam sejarah dunia bagaimana Uni Soviet dan Yugoslavia bisa bubar,” katanya.

Di sisi lain, kata dia, pihak asing terus berusaha menanamkan pengaruhnya, paham-paham yang tak sesuai dengan ideologi negara juga berusaha memengaruhi masyarakat, penghargaan atas kebinnekaan berkurang, dan berbagai ancaman lainnya.

“Untuk itulah, di sini pentingnya fungsi sosialisasi MPR turun ke masyarakat, mengingatkan kembali kesadaran berbangsa,” pungkasnya.(**)

Editor      :Arief

Reporter : Lie

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top