Internasional

Pemerintah Turki Akan Memugar Teater yang Berusia 2.200 Tahun

Netsulsel.com – Sebuah teater berusia 2.200 tahun yang terletak di kota kuno Laodikia, sebelah barat Kota Metropolitan Denizli, Turki, akan dipugar. Pemugaran tersebut mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Metropolitan Denizli.

Mengutip Hurriyet Daily News, sebuah tim yang dipimpin oleh akademisi Pamukkale University, Profesor Celal Simsek, akan membantu pemugaran teater yang mampu menampung 15.000 orang tersebut. Tim ini adalah kelompok peneliti yang selama turut bekerja mencari artefak di kota kuno yang masuk dalam daftar warisan budaya sementara UNESCO tersebut.

Target perbaikan tersebut adalah menghidupkan kembali teater bersejarah tersebut, yang aktif selama era Helenistik dan Romawi.

Teater tersebut runtuh setelah terkena gempa bumi selama berabad-abad. Anggaran yang digunakan untuk memperbaiki bangunan bersejarah tersebut mencapai 6 juta Lira Turki.

Wali Kota Metropolitan Denizli, Osman Zolan, telah menandatangani kerjasama dengan Simsek untuk mendukung pemugaran teater tersebut. Pemugaran tersebut akan dilakukan selama dua tahun.

“Kota kuno ini sangat dekat dengan pusat kota Denizli. Tujuan kami adalah untuk menghidupkan kembali teater kuno. Ini akan memiliki fungsi yang sama seperti yang dilakukan 1.600 tahun yang lalu. Orang akan merasakan sejarah dan melihat peristiwa budaya di sini setelah dua tahun,” ujar Zolan.

Sementara itu, menurut Simsek, Laodikia adalah pusat budaya, seni, perdagangan, dan olahraga di zaman kuno Turki. Sehingga pihakanya bersedia membangun kembali kawasan kota kuno tersebut.

“Kami akan menjadikannya pusat arkeologi yang hidup. Inilah sebabnya mengapa dukungan pemerintah lokal sangat penting,” terang Simsek.(**)

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top