Internasional

Trump dan Kim saling Ejek

Netsulsel.com – Hubungan Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un bisa dibilang tak selalu berjalan mulus. Bak rollercoaster, kedua tokoh itu pernah bersitegang, saling lempar sindiran, sebelum akhirnya coba meraih perdamaian.

Bila sedikit melihat ke belakang, cukup banyak ejekan yang saling dilontarkan oleh keduanya di berbagai kesempatan. Berikut di antara ejekan-ejekan yang saling dilontarkan oleh Trump dan Kim:

Kata Warga Singapura soal Pertemuan Kim Jong-un dan Donald Trump

1. Maniak

Pada 16 September 2015, di sela pertemuan Trump dengan anggota Partai Republik, ia memanggil Kim dengan sebutan maniak.

“Tak ada yang pernah menyinggung soal Korut, padahal ada seorang maniak yang berkuasa di sana. Ia memiliki senjata nuklir. Seseorang sebaiknya mulai berpikir tentang Korut,” kata Trump.

2. Manusia Roket

Dalam pidato pertamanya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada 19 September 2017, Trump memberikan Kim dengan istilah ‘Manusia Roket’ karena Korut terus mengembangkan roket untuk rudal balistik yang bisa membawa hulu ledak nuklir.

“AS kuat dan memiliki kesabaran tinggi. Tapi bila dipaksa untuk membela diri sendiri atau sekutunya, kami tak punya pilihan selain menghancurkan Korut secara menyeluruh. Manusia roket itu dalam misi bunuh diri untuk dirinya dan rezimnya,” tegas Trump.

3. Dotard

Kim buka suara menanggapi ancaman Trump di Majelis Umum PBB. Pada 22 September 2017, putra Kim Jong-il itu menulis surat penuh cacian untuk Trump.

Dalam satu bait kalimatnya, dia menyebut Trump sebagai “dotard” sebuah kata Inggris lama yang artinya orang tua pikun yang gila. Akibat surat ini, warga AS jadi punya kata baru untuk mengejek Trump.

“Saya tentu saja dan pasti akan menjinakkan orang tua pikun dan gila (dotard) AS itu dengan tembakan,” ujar Kim.

Kata ‘dotard’ lantas jadi viral sebab rupanya warga AS sebagai penutur bahasa Inggris merasa asing. Menyusul pernyataan tersebut, Merriam-Webster dikutip Time mengatakan pencarian arti kata itu di kamus online mereka meningkat.

Sontak perkara “dotard” ini membuat warga AS yang kebanyakan jengah oleh aksi Trump girang. Di media sosial Twitter bahkan kata ini punya tanda pagar sendiri, digunakan oleh ribuan akun.

Menurut beberapa warga AS, Kim Jong Un telah memberikan pengetahuan baru soal kosakata penghinaan untuk Trump dalam bahasa Inggris.

4. Orang gila

Menanggapi ejekan dari Kim, pada hari yang sama, Trump lantas naik pitam dan menyebut Kim orang gila.

“Kim Jong-un dari Korea Utara, benar-benar orang gila yang tidak peduli membunuh dan menelantarkan warganya. (Ia) akan diuji tak seperti sebelumnya!” tulis Trump di akun Twitternya.

5. Pendek dan gendut

Tak berhenti di situ, Trump yang kepalang geram, mengaku heran dengan sikap Kim yang menyebutnya “dotard”.

“Kenapa Kim Jong-un mengejek saya sudah tua, padahal saya tidak akan pernah menyebutnya pendek dan gendut? Ya sudah, lah, saya berusaha semaksimal mungkin untuk jadi temannya, dan mungkin itu akan terwujud suatu hari nanti!” kicaunya di Twitter. (**)

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top