Internasional

Trump Makan Siang Bersama Kim di Hotel Capella

Netsulsel.com – Kopi darat Trump dan Kim diselingi dengan agenda makan siang di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura. Sebelum menikmati hidangan, Trump melontarkan candaan kepada fotografer yang siap membidik tiap gerak-geriknya.

“Kalian mengambil foto-foto bagus? Supaya kita terlihat tampan, kurus, dan sempurna?” kelakar Trump, seperti yang dicuit reporter Voice of America, Steve Herman, di Twitternya, Selasa 12 Juni 2018.

Sementara di seberang meja putih panjang yang dihiasi bunga berwarna hijau dan putih, Kim Jong-un hanya berdiri termangu. Ia tampak kebingungan dengan apa yang baru saja Trump ucapkan kepada fotografer tersebut.

Dalam makan siang Trump dan Kim, disajikan berbagai hidangan, mulai dari makanan pembuka, utama, sampai penutup.

Di antaranya yakni daging iga sapi yang dimasak dengan siraman lemak, disajikan dengan sayuran yang sebelumnya direndam dalam susu dan brokoli kukus. Ada pula menu babi asam manis dan nasi goreng Yangzhou yang dilengkapi dengan saus pedas.

Tak hanya menu makanan barat, Trump dan Kim juga menikmati hidangan ala Korea. Di antaranya yakni timun isi yang disebut Oiseon dan Daegu Jorim, ikan kerapu yang disajikan dengan kedelai rebus, lobak, dan sayuran Asia.

Dalam jamuan makan siang itu, Trump ditemani oleh Menlu Mike Pompeo, Penasehat Keamanan John Bolton, Kepala Staf Gedung Putih John Kelly, Jubir Gedung Putih Sarah Sanders, Dubes AS untuk Filipina Sung Kim, dan Wakil Presiden Hubungan Asia Matthew Pottinger.

Sedangkan Kim ditemani oleh Wakil Komite Pusat Partai Pekerja Korea Kim Yong Chol dan Ri Su Yong, Menlu Ri Yong Ho, Wakil Menlu Choe Son Hui, Menhan No Kwang Chol, Kim Yo Jong selaku adik Kim Jong-un, dan Kepala Komite Pusat Partai Pekerja Korea Han Kwang Sang. (**)

Berikan Komentar Anda
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top